Memilih Antara 32-bit dan 64-bit

Processor 32-bit di desain untuk bekerja dengan 32 bit data dalam satu waktu. Hal ini menciptakan batasan pada jumblah pemasangan memory yang bisa diakses (4GB) dan membuat performa terbatas ketika bekerja dengan data set yang besar dan banyak program yang berjalan di dalam memory pada saat bersamaan. Processor 32-bit sering di sebut dengan processor x86.

Processor 64-bit bekerja dengan 64-bit data set dalam satu waktu, dan bisa menggunakan jumblah memory yang lebih banyak jika dibandingkan dengan processor 32-bit dan dapat meningkatkan peforma yang lebih cepat. Walaupun processor 64-bit pertama berjalan pada beberapa versi Microsoft Windows, nyatanya Intel Itanium tidak mendukung perangkat lunak versi x86, processor 64-bit dibuat untuk komputer dekstop yang mendukung sistem operasi dan program baik itu sistem 32-bit atau 64-bit disebut sebagai processor 64-bit atau x86-64.

Hampir semua CPU yang dirilis tahun 2009 atau yang terbaru mendukung penggunaan sistem operasi 64-bit, tetapi tidak semuanya. Untuk mengetahui apakah processor anda 32-bit atau 64-bit, Anda bisa memeriksa spesifikasinya atau, jika sudah terpasang dan berjalan pada windows, gunakan perangkat lunak utiliti seperti CPU-Z.

Gambar Processor pada komputer ini AMD Phenom II x6 dan mendukung instruksi 64-bit (x86-64).

Belum ada Komentar untuk "Memilih Antara 32-bit dan 64-bit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel