Penjelasan Chipset pada komponen Komputer


Selain processor, komponen utama pada motherboard juga disebut chipset. Komponen ini biasanya satu set berisi satu atau dua chip yang terdapat pada sirkuit utama motherboard. Chip yang  terhubung ke processor biasanya disebut PCH (platrom controller hub); chip ini seiring disebut PCH.

PCH adalah satu-satunya komponen yang ada pada chipset Intel seri 5 dan yang terbaru. APU pada AMD juga menggunakan model single-chip chipset. Yang serupa dan disebut sebagai Fusion control hub (FCU). Pada chipset single-chip. PCH atau FCU menghubungkan semua perangkat dan port I/O berkecepatan lambat seperti port USB, PCIe x1 atau slot x4, audio, jaringan, dan lainnya. Memory controller dan slot PCIe x16 dikendalikan oleh CPU (Intel) atau APU (AMD).

Chipset Intel yang lebih lawas dan semua chipset CPU AMD menggunakan desain chipset dua-chip, dimana slot PCIe (x16, x8, dan x4) dan chipset grafis (jika ada) dikendalikan oleh PCH dan port I/O yang lebih lambat dikendalikan oleh southbridge (SB) atau chip I/O controller hub (ICH).

Chipset lawas yang dibuat untuk processor tidak menyertakan memory controller menggunakan chip NorthBridge atau memory Controller Hub (MCH) yang ditempatkan pada chip PCH
Karena chipset sebenarnya adalah motherboard, chipset digunakan agar motherboard memiliki efek pada performanya. Hal tersebut menentukan semua parameter parameter performa dan batasan dari motherboard, seperti kapasitas dan kecepatan memory, jenis dan kecepatan processor, bus yang digunakan dan kecepatannya, dan banyak lagi yang lainnya.

Karena chipset secara berkala terus dikembangkan, saya tidak bisa menyebutnya satu-persatu model dan fungsinya dalam buku ini; namun anda bisa mencari secara detail deskripsi dari informasi secara teknis pada masing-masing pabrik motherboard yang anda pilih. Anda bisa mengunduh dokumentasi (sering disebut databook) dari websitenya. Dokumentasinya tersebut biasanya juga terdapat pengaturan lebih lanjut mengenai pengaturan program. Dengan informasi ini, anda bisa mencari pengaturan yang cocok pada motherboard dengan meng-akses setingan dan fitur yang dimiliki chipset.


Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Chipset pada komponen Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel