Metode menggunakan CPU (CPU Cooling)


Metode Mendinginkan CPU (CPU Cooling)
Ada beberapa metode untuk menghilangkan panas dari CPU. Solusi yang paling sering digunakan adalah menggunakan heat sink aktif; sebuah kipas yang menghembuskan udara dingin melalui sirip – sirip alumunium atay tembaga yang diikatkan ke CPU.

Tenaga kipas diambil dari motherboard, dan fitur monitor perangkat keras di tangani oleh BIOS untuk memastikan kecepatan kipas dan temperatur pada processor. Kebanyakan GPU juga memiliki sistem pendnginan kipas sendiri dan heat sink yang dibuat khusus.
Sebuah pasta thermal digunakan sela-sela heat sink dan CPU. Perlu diperhatikan bahwa pasta tersebut beracun dan sangat berbahaya bagi manusia. Gunakan secara hati-hati ketika memasang dan membersihkan pasta thermal ini.

Catatan bahwa heat sink yang disertakan dengan CPU biasanya sudah terpasang pasta thermal ini, atau istilahnya pre-applied thermal compound.
Seiring berjalannya waktu, debu bisa mengumpul pada sirip heat sink dan kipas, yang bisa menyebabkan efisiensi pendinginan CPU. Gunakan kompresi udara atau vacum PC untuk membersihkan debu.


Pada beberapa PC gaming kelas atas, menggunakan sistem pendinginan cairan (liquid cooling systems) untuk mentransfer panas dari CPU ke sebuah radiator menggunakan air dan anti-beku. Cara lerjanya hampir sama dengan sistem pendinginan pada mobil, menyediakan sistem pendinginan yang lebih baik dan bisa meningkatkan kecepatan clock yang lebih baik dibandingkan jika menggunakan sistem pendinginan udara.

Belum ada Komentar untuk "Metode menggunakan CPU (CPU Cooling)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel