Jumblah Core dan Cache

Jumblah porsi pada CPU yang dapat melakukan perhitungan dan pengolahan dikenal dengan core Processor. Berapa tajun sebelum ini, CPU berisikan hanya satu core saja. Untuk meningkatkan performa, beberapa motherboard server dan workstation memiliki tempat lebih dari satu processor (istilah ini disebut multiprocessor).

Sekarang sebagian besar processor terbaru sudah menyertakan core dua atau lebih. Istilah Multicore processor adalah processor yang menyertakan core dua atau lebih, misalnya:
-          Dua Core-Dual-core
-          Tiga Core-Triple-core
-          Empat Core-Quad-core
-          Enam Core-Six-core
Semakin banyak core pada processor, semakin besar jumblah program dan tugas yang dapat dijalankan pada waktu bersamaan.



barbagai CPU Multicore
Jumblah yang besar daribpenggunaan bersama (shared) memory cache juga membantu processor multicore menyediakan performa yang lebih baik. Cache adalah tempat penyimpanan sementara (temporary)  bagi core sehingga core bisa mengakses lebih cepat proses yang paling sering dikerjakan.


Terdapat tiga level untuk cache ini antara lain:
➭Level pertama (L1 Cache) terdapat pada core CPU
➭ Sebenarnya, Cache level dua (L2 cache) lokasinya terdapat pada motherboard biasanya di dalan modul sendiri au chrip memory sendiri. Namun, hampir sSemua processor yang dibuat mulai tahun sekarang sudah menyertakan cache L2 pada die CPU
➭ Cache level tiga (L3 cache), hingga sekarang adalah memory cache yang terdapat pada die CPU.

Level satu, level dua, dan level tiga adalah rantai komando dimana processor akan memeriksa informasi yang dibutuhkan untuk menerima dari memory. Jika processor mencari informasi yang dibutuhkan di level satu, maka yang diambil adalah yang di lokasi tersebut. Jika tidak ditemukan pada level satu, maka akan melihatnya di level dua dan seterusnya. Processor melihat memory utama hanya jika tidak ada informasi sama sekali yang ditemukan di masing-masing level tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Jumblah Core dan Cache"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel