Penjelasan Mengenai Sistem Memory (RAM)


Terdapat dua jenis utama dari RAM (Random AccesvMemory), yaitu dynamic dan static. RAM Dynamic (DRAM) kehilangan informasi dalam setiap periode pendek saat kehilangan tenaga listrik. RAM Static (SRAM) mengikat data dalam periode lebih lama dalam keadaan tanpa tenaga dan bekerja lebih cepat bila dibandingkan dengan DRAM, akan tetapi ukurannya lebih besar dan biaya pembuatannya lebih mahal. Secara umun, DRAM digunakan untuk memory sistem, dan SRAM digunakan untuk cache dan perangkat penyimpanan.

Walaupun PC pertama menggunakan socket memory chip sendiri, modul memory (banyak chip memory dalam satu papan sirkuit lecil) dibuat lebih handal dan lebih kecil. Mode cepat fast-page DRAM dan Extended Data-Out (EDO) adalah memory modul yang disebut dengan single inline memory module (SIMM).30-pin yang terdapat pada SIMM memiliki memory akses lebar data 8-bit, dan 72-pin SIMMS memiliki akses memory selebar 32-bit
Synchronus dynamic RAM (SDRAM) telah menggantikan form yang lebih tua dari DRAM.

Synchronous artinya waktu data yany ditransfer sesuai dengan jam pada sistem. Modul 168-pin DRAM adalah modul yang pertama kali digunakan pada PC. Jenis SDRAM berikutnya sudah menggunakan rate data dobel double data rate (DDR) Menggunakan 184-pin DIMM, dan sistem sekarang menggunakan DDR 2, dan DDR3 (keduanya menggunakan modul 240-pin, tetapi keduanya tidak bisa saling menggantikan). Modul memory yang digunakan pada kelas memory SDRAM dikenal dengan dual inline memory modul (DIMM). Modul tersebut menyediakan lebar memory akses sebesar 64-bit.


Hampir sama dengan kebanyakan komponen dalam PC, RAM di ukur menggunakan kecepatan. Motherboard harua mendukung kecepatan yang ada pada RAM, jika tidak kinerja cepat yang dapat dijanjikan oleh RAM tidak akan terealisasi, atau bahkan lebih buruk, bahkan PC tidak akan bisa menjalankan POST (Power -on-self-test).

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Sistem Memory (RAM)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel