Penjelasan Mengenai Web browser didukung HTML dan CSS

Web browser adalah perangkat utama yang akan kita gunakan untuk menampilkan halaman web yang pada dasarnya terbuat dari HTML dan CSS. Saya yakin di setiap komputer telah terinstall Web Browser bawaan seperti Internet Explorer (Windows), Safari (Mac) dan Firefox (Linux Ubuntu).

Setiap browser memiliki perbedaan dalam hal menampilkan halaman web dan fitur-fitur yang didukung dalam HTML dan CSS. Boleh jadi halaman web yang anda buat ditampilkan benar pada salah satu browser namun acak-acakan pada browser lainnya. Untuk itu perlu beberapa browser yang terinstall dalam komputer anda untuk menguji penampilan website yang dibuat.
Isu-isu kompatibilitas ini akan anda temui ketika mempelajari CSS nantinya yang berhubungan dalam penampilan halaman web.

Berikut ini adalah beberapa browser yang dapat anda download dari Internet serta review singkat.


Google Chrome
Google Chrome adalah web browser besutan Google yang memiliki beberapa keunggulan. Chrome bisa dikatakan browser yang sangat ringan, cepat2 dan kaya akan aplikasi/Add-on.  Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata mendukung fitur-fitur terbaru dari teknologi HTML dan CSS. Anda dapat mendownloadnya di http://google.com/chrome
                                                   
1 Add-on/Plugin adalah Aplikasi tambahan yang dapat dipasang sehingga memperkaya fitur software yang bersangkutan 2 Kecepatan loading web tergantung dari kecepatan internet yang anda gunakan 3 Engine/Mesin adalah kode utama dalam aplikasi untuk menampilkan halaman web contohnya Mozilla untuk firefox, Webkit untuk Google Chrome dan Safari.


Safari
Safari adalah web browser dari Apple. Sama halnya dengan Chrome, safari menggunakan engine webkit sehingga mendukung fitur-fitur terbaru HTML dan CSS.

Browser ini tersedia untuk Mac dan Windows saja. http://www.apple.com/safari


Internet Explorer
Browser yang pasti sudah terinstall pada komputer dengan sistem operasi windows. Jika anda masih menggukan Internet Explorer versi 6, 7 dan 8, saya anjurkan untuk mendownload versi terbaru yakni Internet Explorer 9/10 (untuk Windows Vista/7).

Penggunaan Internet Explorer dalam pengujian halaman web sangat tidak dianjurkan (terutama versi 7 ke bawah) karena dukungannya yang kurang serta proses penampilan halaman web yang terkadang menjadi berantakan. Namun karena pengguna Internet explorer di dunia masih mendominasi, mau tidak mau kita harus menggunakan Internet Explorer.




Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Web browser didukung HTML dan CSS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel