Penjelasan CDP flood attacks

Cisco Discovery Protocol

CDP (Cisco Discovery Protocol) adalah protokol yang bekerja di data link layer atau layer ke-2 dalam OSI (Open System Interconnection) Layer. CDP dikembangkan oleh Cisco System, Salah satu vendor terkenal dalam memproduksi device-devide jaringan seperti router, switch, dll.protokol ini digunakan untuk berbagi informasi oleh device Cisco yang terhubung secara langsung dengan device Cisco yang lainnya, agar antar device dapat saling mengenal.

CDP adalah media dan protokol yang independen dan bekeja diatas SNAP (SubNetwork Accsess Protocol). saar ini CDP sudah mencapai versi 2 yaitu CDPv2, versi ini adalah versi terbaru. Cisco IOS yang baru menggunakannya adalah versi 12.0(3)T  keatas sedangkan versi dibawahnya masih menggunakan CDPv1.

Ketka Cisco device aktif, CDP secara otomatis aktif dan device akan melakukan pendeteksian terhadap device lain yang terhubung langsung dengannya menggunakan CDP. Bagaimana cara kerjanya?

Masing-masing device yang dikonfigurasikan oleh CDP mengirimkan pesan secara periodik yang dikenal dengan advertisement. Advertisement ini dikirim melalui SNMP (Smple Network Management Protocol). 

Advertisement berisi time-to-live atau informasi holdtime yang informasi menentukan panjang waktu sebuah device memegang informasi CDP sebelum informasi tersebut dibuang. Setiap device juga secara periodik mengubah statusnya sehingga menunggu pesan CDP yang dikirimkan oleh tetengganya. jadi bukan hanya mengirim informasi CDP, tapi setiap device juga akan menunggu informasi CDP dari device lain yang tehubung dengannya secara langsung.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan CDP flood attacks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel