Perkembangan kemanan Wifi

WPA (WI-FI Protected Access)

Sekarang, keamanan dari WEP sudah tidak dapat dijamin lagi, beberapa dekade yang lalu hacker telah menemukan cara untuk meng-crack WEP key bahkan hanya dalam waktu +10 MENIT!!! Hal ini membuat aliansi Wifi (Para pengembang Wifi/802.11 standard) mencari protokol baru yang dapat menutup celah dari WEP. Dikembangkanlah protokol keamanan baru yaitu WPA (WI-Fi Protected Access). 

Saat awal ditemukannya kelemahan pada WEP oleh Para hacker, pihak pengembang menjadi agak terburu-buru dalam mencari pengganti WEP. WPA yang dikembangkan bisa di sebut sebagai perbaikan dari WEP dan bukan merupakan sesuatu yang baru. jadi masih terdapat banyak kekurangan pada WPA karena tehnik pengenkripsinya saja berbeda dari WEP. Secara umum mekanisme authentication-nya masih sama seperti yang dimiliki WEP.

WPA awalnya menggunakan algoritma TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) untuk mengenkripsi datanya sebagai pengganti algoritma RC4 yang digunakan oleh WEP. kemudian dikembangkan lagi sehingga tersedia algoritma baru yang dapat di gunakan yaitu AES (Advanced Encryption Standard). algoritma yang lebih baik dibanding dengan TKIP.

WPA (WI-FI Protected Access Version 2)
WPA2 adalah pengembangan yang benar-benar baru dari protokol keamanan WIFI,diselesaikan pada tahun 2004  oleh aliansi Wifi. Menawarkan keamanan yang paling tinggi dengan tetap menggunakan algoritma TKIP dan AES sebagai algoritma pengenkripsian datanya. Dikembangkan pula algoritma baru untuk pengenkripsian data yaitu CCMP. tapi sebaik apapun pengembangannya, tidak ada sistem yang benar-benar aman. Selalu ada jalan bagi hacker agar dapat masuk ke dalam satu sistem. WPA/APA2 pun tidak luput dari target para hacker

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan kemanan Wifi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel