Menganalisa Struktur Kode pada bagian bahasa pemrograman C++


Kali ini saya akan memperlihatkan Analisa tentang bagian Struktur kode pada bahasa pemrograman C++

// Helloworld
#include,<iostream>
using namespace std;

int main ()
{
    cout << "Hello world\n";
    syk.stem ("PAUSE");
    return 0;
}

Anda tentu masih ingat kode diatas bukan? Program hasil komplikasi kode tersebut akan menampilkan teks "Hello World" pada monitor Anda. Perintah untuk menampilkan "Hello World" sebenarnya hanya baris cout << "Hello world\n";. lalu, apa gunanya baris-baris yang lain? 
Mari kita analisa.

// HelloWorld

Baris pertama pada source code diatas merupakan baris komentar. Baris ini akan diabaikan oleh compiler dan tidak akan di komplikasi menjadi bahasa masin.Komentar ditulis oleh programmer biasanya untuk memudahkan mereka mengingat kegunaan dari suatu baris kode atau blok kode.

Tata cara penulisan komentar ada 2 macam yaitu dengan menuliskan komentar setelah tanda // atau diantara tanda /* dan */. Tanda // digunakan untuk menuliskan komentar hanya 1 baris saja sedangkan tanda /* dan */ digunakan untuk menuliskan komentar lebih dari satu baris atau 1 blok. Disini saya hanya menggunakan tanda // untuk menuliskan komentar karena selain lebih mudah di baca, tanda ini juga lebih aman untuk dipakai

#include<iostream>

Baris ini memberitahukan kepada compiler bahwa program yang kita tulis menggunakan standar C++
Library. jika baris ini tidak ditulis, maka akan muncul error pada saat Anda meng-compile source-code Anda yang menggunakan standard C++ Library namun tidak memberi tahu compiler bahwa kode Anda menggunakan Standar C++ Library.

int main ()

Baris ini merupakan fungsi main () (masalah fungsi akan dijelaskan nanti juga). Fungsi  main (), fungsi tersebut harus dipanggil melalui fungsi main ().

Selanjutnya, dapat Anda lihat bahwa baris setelah fungsi main terdapat tanda {, kemudian 3 baris kode dan diakhiri dengan tanda } pada baris terakhir.

Perlu Anda perhatikan bahwa isi suatu fungsi terdapat diantara tanda { dan } atau di sebut juga blok kode. Isi suatu fungsi bisa merupakan deklarasi variable, pernyataan assignment, atau perintah-perintah. Intinya adalah, bahwa ketika suatu fungsi dipanggil, maka isi yang di kandungnya akan dieksekusi.

Saya telah menjelaskan kepada Anda tentang baris cout << "Hello world"\n"; yang berfungsi menampilkan teks "Hello World". Karakter '\n' pada akhir kalimat sendiri merupakan karakter khusus newline atau ganti baris agar kalimat setelah karakter  C ditampilkan pada baris dibawah kalimat sebelum karakter  '\n'.

Kemudian baris system ("PAUSE"); memberikan instruksi kepada program untuk menghentikan proses eksekusi sampai user menekan sembarang tombol. Selain itu, baris ini juga akan menampilkan teks 

"press and key to continue..."

Perlu diingat bahwa setiap pernyataan selalu berada diantara tanda { dan } kecuali untuk preprocessor, deklarasi variable global, pernyataan penggnaan standar library, dan function prototype. Selain itu, perlu diingat juga bahwa setiap pernyataan dalam C++ selalu diakhiri dengan tanda ;atau semicolon kecuali untuk preprocessor, dan komentar. (Ingat Semua di dunia ini penuh aturan tapi selalu pengecualian)


Belum ada Komentar untuk "Menganalisa Struktur Kode pada bagian bahasa pemrograman C++"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel