Sejarah Awal Internet di Dunia

Sejarah jaringan komputer dan internet di dunia diawali dari riset yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DOD/Departement Of Defense). Poyek ini disebut ARPA (Advanced Research Project Agency), Sehingga jaringan komputer yang mereka bentuk disebut dengan ARPANET (net berarti network, yang mengacu kepada jaringan komputer). Tidak seperti internet saat ini, jaringan komputer yang terbentuk masih bersifat pribadi untuk kalangan tertentu saja, yaitu untuk pihak militer dan beberapa kalangan akademisi dan universitas. Saluran telepon masih umum digunakan pada masaini untuk memperoleh kneksi antar komputer.
        Gambar rute sejarah Internet didunia dari tahun ke tahun dimulai dari ARPANET

Munculnya  ARPANET yang kemudian dipecah menjadi MILNET (Khusus untuk militer sajaa dan ARPANET (untuk perguruan tinggi), memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pengguna komputer di zaman itu. Itu sebabnya kemudian MILNET dan ARPANET digabung kembali menjadi DARPANET (untuk kemudian disebut internet saja), yang seiring dengan perkembangan jaman, berkembang pesat ke seluruh dunia menjadi internet seperti saat ini.
Gambar ARPANET dan MILNET

Di tahun 1980, jaringan ARPANET  telah berkembang pesat sebagai sebuah jaringan internet dunia. Dengan makin banyaknya perangkat terhubung di dalamnya, maka semakin perlu diperhatikan mengenai pengalamatan untuk setiap komputer tersebut (dalam bentuk IP Address). Untuk memudahkan di dalam pemetaan, dilakukan pembagian domain, pengalamatan berupa IP Address, pembagian Domain mmanfaatkan DNS (Domain Name System)
Gambar perkembangan ARPANET tahun 1980

Sejumblah penemuan di bidang komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, turut mendukung perkembangan internet dari waktu ke waktu.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Awal Internet di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel