Sejarah Awal Internet di Indonesia

Di Indonesia, komputer dan internet mulai memasyarakat di tahun 1990. Meski pun demikian, jauh sebelum tahun 1990, ilmu Elektro dan Informatika (bidang ilmu komputer yang khusus membahas mengenai perangkat lunak komputer dan pemanfaatannya) sudah mulai memasuki dunia pendidikan di Indonesia melalui beberapa perguruan tinggi di Indonesia (termasuk di Institut Teknologi Bandung atau ITB, almameter penulis). Bidang ilmu Elektro dan Informatika merupakan dua kekuatan teknologi utama yang mengubah peran komputer dan jaringan komputer di kemudian hari. Sejumblah tokoh akademisi Indonesia mulai bermunculan dan ikut berperan serta di dalam dunia internet Indonesia maupun dunia.
Misalkan saja Onno Widodo atau lebih akrab dengan panggilan Onno W Purbo
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Onno_W._Purbo

Setelah akses internet mulai memasuki wilayah Indonesia dan kehidupan masyarakat Indonesia (meskipun saat itu belum terlalu banyak yang menggunakan internet), namun dampak yang diberikan di bidang bisnis relatif signifikan. Terbukti dengan mulai munculnya ISP (Internet Service Provider) yang memberikan layanan akses internet dibeberapa tempat di Indonesia, Sehingga makin memudahkan para pengguna didalam menikmati akses internet.

Selanjutnya mulai banyak orang membuka warung internet, atau umum disebut dengan Warnet. Bentuknya hanyalah sebuah tempat biasa, dengan sejumblah komputer dan koneksi internet didalamnya. Para pengguna cukup datang dan masuk kedalam bilik warnet, kemudian menikmati akses internet sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. Di akhir penggunaan. pengguna akan dikenai biaya sesuai dengan biaya yang ditampilkan padansistem (Billing), 

Keberadaan Warung Internet atau Warnet ini mulai menyusut di saat makin gencarnya layanan akses internet dalam bentuk model ADSL melalui jalur kabel telepon (misalkan oleh Telkom Speedy) maupun akses internet wireless menggunakan modem  USB oleh sejumblah provider telekomunikasi.
Belum lagi dengan adanya ide yang dipelopori oleh Onno W Purbo mengenai RT RW Net, yang memudahkan suatu lingkungan RT RW di Indonesia untuk berbagi akses internet, sehingga mempercepat masyarakat Indonesia yang melek teknologi informasi. Meski demikian, akses internet tetap diperlukan oleh setiap orang dijaman ini untuk berbagai keperluan, termasuk juga untuk hiburan dan bisnis. Secara singkat dapat disebutkan bahwa internet Indonesia saat ini digunakan oleh beragam pengguna. baik komunitas, pemerintah, akademisi, bisnis, hngga pribadi.
          Gambar Pemanfaatan internet di indonesia oleh beragam kelompok sesuai kebutuhan 

Satelit Palapa milik Indonesia turut berperan didalam penyebar luasan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia, yang secara fisik terdiri atas ribuan pulau dan selat (lautan) yang memisahkan satu sama lain. Demikian juga, kapasitas gelombang untuk akses internet wireless pun terus mengalami peningkatan dari masa ke masa, meski tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara maju lainnya didalam penyediaan akses intenet yang lebih cepat. ,Meskipun demikian tokoh-tokoh Indonesia banyak berjasa didalam penyediaan layanan pada internet Indonesia. Misalkan saja layanan VOI (Voice Over Internet Protocol), DNS Nawala untuk Internet Sehat, dan lain-lain.
                                        Gambar Arsitektur-ip-based-infrastucuire

Internet di Indonesia dibangun dan dilengkapi dari waktu ke waktu oleh sejumblah komunitas, salah satunya komunitas dunia Linux dan Open Source VOIP (Voice Over Internet Protocol), yang kemudian melahirkan VOIP Rakyat. kemudian dilengkapi juga dengan sarana serat optik (Fibre Optic) untuk menghubungkan antar jaringan di indonesia melalui bawah laut Indonesia, termasuk juga untuk keterhubungan dengan jaringan luar negeri. Terdapat juga IIX untuk mempercepat akses internet dan layanan berbasis web dari Indonesia d luar negeri dan sebaliknya dari luar negeri ke Indonesia serta melokalkan konten-konten digital.



Belum ada Komentar untuk "Sejarah Awal Internet di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel