Pengertian sistem operasi


Operating System adalah sebuah perangkat lunak, program yang bertujuan khusus sebagai penghubung program/aplikasi yang sering Anda gunakan pada komputer dengan hardware yang ada di dalam komputer tersebut.

Anda mungkn bingung mengapa saat anda tekan play pada mp3 player, sound system komputer Anda dapat mengeluarkan suara, dan mengapa saat tombol stop Anda tekan suara itu kemudian berhenti.Bagaimana mouse yang anda gunakan untuk menekan tombol yang berada pada layar monitor dapat bekerja sama dengan sound system di komputer? Semua itu adalah hasil kerja dari sebuah OS.

Seringkali komputer anda tidak bekerja dengan baik, seperti tombol keyboard tidak responsive, atau sound system tidak dapat mengeluarkan suara, dll. Semua itu terjadi di sebabkan oleh masalah sepele Yaitu lupa menginstall driver. Driver adalah sebuah komponen yang selalu ada mendampingi sebuah hardware, berupa software yang harus terinstall pada OS agar OS dapat berkomunikasindengan hardware tersebut.

Jadi cara OS berkomunikasi dengan hardware yaitu melalui driver tersebut. Jika Anda lupa menginstallnya, OS tidak dapat berkomunikasi dan mengagnggab hardware yang telah Anda hubungkan ke komputer tidak pernah ada.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian sistem operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel