Pengertian spamming,sniffing,spoffing,snooping,jamming,phising,pharming,dan defacing


Spamming adalah kegiatan mengirim email palsu dengan memanfaatkan server email yang memiliki “smtp open relay” atau spamming bisa juga diartikan dengan pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu bagi yang dikirim. 

Sniffing dan Spoofing. Didalam aktivitas MITM, terdapat dua istilah yang akan sering Anda temukan, dan kebanyakan orang bingung membedakan keduanya. Dua istilah tersebut yaitu sniffing dan spoofing.

Sniffing adalah kegiatan menyadap dan/ atau menganalisanpeket-paket data didalam jaringan menggunakan sniffing tool atau sniffer berupa software maupun hardware. kegiatan hacker ini dikategorikan sebagai tindakan pasif karena hacker hanya diam menunggu serta menangkap paket-paket data yang berkeliaran didalam jaringan. Sniffing tidak mengubah atau memanipulasi paket yang lewat maupun yang ditangkap.

Sedangkan spoofing adalah aksi pemalsuan identitas suatu komputer maupun device tertentu didalam jaringan. jadi bisa dibilang bahwa spoofing adalah salah satu langkah awal yang bisa hacker lakukan untuk mulai melakukan sniffing. 

Snooping adalah
 suatu pemantauan elektronik terhadap jaringan digital untuk mengetahui password atau data lainnya. Ada beragam teknik snooping atau juga dikenal sebagai eavesdropping, yakni: shoulder surfing (pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses), dumpster diving (mengakses untuk memperoleh password dan data lainnya), digital sniffing (pengamatan elektronik terhadap jaringan untuk mengungkap password atau data lainnya). 


Jamming adalah aksi untuk mengacaukan sinyal di suatu tempat. Dengan teknik ini sinyal bisa di-ground-kan, sehingga sinyal tidak bisa ditangkap sama sekali. Jamming akan lebih berbahaya apabila dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab (misalh : teroris), yang dengan aksinya megngakibatkan jaringan di suatu kota lumpuh (dalam rangka melancarkan aksi terornya).

Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya. 

Pharming adalah situs palsu di internet, merupakan suatu metode untuk mengarahkan komputer pengguna dari situs yang mereka percayai kepada sebuah situs yang mirip. Pengguna sendiri secara sederhana tidak mengetahui kalau dia sudah berada dalam perangkap, karena alamat situsnya masih sama dengan yang sebenarnya.

Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian spamming,sniffing,spoffing,snooping,jamming,phising,pharming,dan defacing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel