Pengertian wireless, hotspot dan Acces point

Wireless
Wireless seperti yang sering anda dengar, adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Wireless sebenarnya sudah ada sejak lama, di mulai dari penemuan radar. Telepon seluler atau smartphone yang Anda gunakan pun menggunakan teknologi wireless, tidak ada kabel menancap pada handphone Anda yang terhubung ke kantor pusat penyedia kartu seluler kan?

Kemudian muncul istilah Wifi, yaitu singkatan dari Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi jaringan tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yang di gunakan oleh teknologi wifi berada pada Spektrum 2,4 Ghz - 5 Ghz. Kalau wireless adalah teknologinya, maka wifi adalah bagian/anggota dari teknologi wireless. Gelombang Wifi khususkan untuk penggunaan transfer data di dalam jaringan komputer. Oleh karena itu teknologi ini sangat berhubungan dengan dunia internet.

Agar komputer kita. Anda bisa menggunakan teknologi ini, maka Anda harus memiliki wireless adapter yaitu hardware yang dapat menangkap serta berkomunikasi melalui frekuensi gelombang yang sama dengan di gunakan oleh wifi yaitu dalam rentang 2,4 Ghz - 5 Ghz.

Hotpot adalah area di mana orang atau user dengan menggunakan PC, smartphone, yaitu perangkat-perangkat lain yang memiliki wireless adapter dapat terkoneksi dengan internet tanpa harus menggunakan media kabel. jadi kalau wifi adalah teknologinya, maka hotspot adlah daerah/tempat yang menggunakan dan mengimplementasikan teknologi tersebut. Terdengar lucu bukan jika ada yang bertanya " di sini ada koneksi hotspot??" 

Selanjutnya adalah sesuatu yang sebenarnya dan sering orang-orang tanyakan keberadaanya. Dia adalah Wireless Access Point disingkat AP.AP dalam jaringan nirkabel adalah perangkat komunikasi yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel nirkabel dengan menggunakan Wifi, Bluetooth atau standar terkait lainnya.

                                                              Gamvar V.1 Wireless Access Point
Jika Anda pernah melihat benda diatas di area hotspot, biasanya di letakan di tembok atai tempat-tempat lainnya yang tinggi sehingga bisa memancarkan gelombang dengan baik, maka itulah yang di sebut Acces Point.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian wireless, hotspot dan Acces point"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel