Penjelasan Mengenai Network MAPper (Nmap)



Banyak dari kalian yang pastinya menggunakan internet setiap harinya, pada zaman sekarang ini sudah pastinya kita berinternet dengan Modem, atau Wifi. Apakah kalian tau wi-fi merupakan accsess internet yang memiliki kecepatan yang sangat cepat, jika dibandingkan dengan Model. Tapi sekarang ini kita tidak leluasa untuk menggunakan wi-fi tersebut karena, wifi menggunakan tingkat keamanan yang sangat tinggi jenis kemanan pada wifi WPS, WPA dan yang paling tinggi adalah WPA2/PSK.

Oke langsunh sekarang admin akan membahas mengenai Network MAPper atau Nmap adalah security scanner/network yang ditemukan oleh Gordon Lyon. Nmap digunakan untuk menemukan hosts serta services yang aktif di dalam jaringan komputer, jadi akan terbentuk “map” atau peta dari jaringan tersebut. Peta disini bukan berarti peta secara fisik melainkan scanning maka anda mengetahui yangvmana router dan yang mana client.

Untuk mengetahui host mana yang aktif serta service apa saja yang dijalankan maka Nmap akan mengirimkan paket-paket data spesial ke target lalu menganalisa respon yang diberikan oleh target terebut.

Banyak feature yang ditawarkan oleh Nmap. Bukan hanya untuk mencari host atau service saja, tetapi juga operating system yang digunakan, versi keberapa, dll yang akan mempermudah untuk melakulan fingerprinting.

Fingerprinting adalah tahap di dalam ethical hacking yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai suatu target. Fingerprinting ingin melakukan penetrasi kedalam sistem atau mengeksploitasi target.

Nmap juga dapat beradaptasi dengan kondisi jaringan yang di namis seperti perubahan latency atau terjadinya network congestion (kemacetan pada jaringan) selama melakukan proses scan.

Nmap awalnya dikembangkan hanya untuk lingkungan Linux. Tetapi seiring bertambah popularitasnya, maka dikembangkan juga Nmap yang dapat beroperasi di lingkungan Windows, Solaris , HP-UX, BSD variant (temasuk MAC OS X), AmigaOS, dan SGI IRIX. Nmap bersifat Open Source dan free untuk didistribusikan sehingga anda tidak perlu pusing-pusing membeli lisensi untuk tool yang satu ini. Hingga saat ini Nmap memiliki dua interface yang dapat mengoperasikan dalam versi (Command Line Interface) dan dengan mnggunakan GUI (Graphics User Interface). Nmap dalam mode GUI bernama Zenmap. Secara umum tidak ada perbedaan antara Zenmap dengan Nmap, hanya saja Zenmap memanjakan Anda dengan tampilan yang menarik dan pengoperasian Nmap yang mudah, sedangkan dengan versi CLI anda harus menghafal perintah-perintah/ command sebagai parameterbdi dalam terminal.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Network MAPper (Nmap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel